Posted on: November 12, 2020 Posted by: ARLINAWATI Comments: 0
3 Cara Backlink yang Baik dan Benar

Ada cara backlink yang baik dan benar yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan SEO. Bukan hanya sebatas membangun relasi, menggunakan broken link atau membangun konten berkualitas, ada cara lain yang bisa dilakukan. 3 cara tersebut bisa Anda simak di artikel berikut.

  • Intip Strategi Kompetitor

Siapa bilang jika untuk membangun backlink, semua strategi harus dari pikiran Anda sendiri? Anda bisa mencoba menengok backlink milik competitor Anda dan kemudian menganalisanya. Dari analisis tersebut, Anda bisa tahu, apa yang sudah dilakukan dan dimana celah yang bisa Anda sisipi.

Lalu, bagaimana cara mengintip backlink kompetitor? Caranya adalah dengan menggunakan tools. Misalnya Ahref, Moz, Majestic, SEMRush dan tools optimasi SEO yang lainnya.

Cara ini punya potensi yang besar. Jika Anda bisa memaksimalkannya, Anda tidak hanya mampu membuat backlink yang baik tapi juga strategi marketing yang tepat.

  • Hindari Memilih Website Directory yang Penuh Spam

3 Cara Backlink yang Baik dan Benar
3 Cara Backlink yang Baik dan Benar

Untuk membuat backlink yang berkualitas, maka Anda harus selektif memilih website untuk backlink. Hindari untuk memilih website backlink yang penuh dengan spam.

Bagaimana cara tahunya? Untuk tahu website direktori tersebut penuh spam, Anda bisa cek cirinya seperti:

  1. Topiknya terlalu beragam dalam 1 website.
  2. Tidak ada seleksi penerimaan.
  3. Tidak adanya aktivitas pengunjung.
  4. Umumnya website yang terdaftar di website direktori tersebut adalah website dengan kualitas rendah.

Untuk tahu kualitas secara keseluruhan, maka Anda bisa cek menggunakan tools. Jika hasilnya bagus, maka kemungkinan website direktori tersebut bersih dari spam. Selain itu, cek ciri website direktori yang bersih yaitu:

  1. Moderasi ketat.
  2. Kualitas website yang terdaftar juga berkualitas.
  3. Topiknya tepat dan tidak terlalu beragam.
  • Guest Blogging

Anda bisa mencari Guest Blogging untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Ini cara terbaik yang bisa anda lakukan apalagi jika mengkombinasikannya dengan jasa backlink PBN yang tepat.

Kenapa guest blogging bagus untuk membangun backlink? karena ketika Anda masih baru, Anda masih belum dikenal oleh para blogger yang lainnya. Namun dengan ‘bertamu’, misalnya meninggalkan komentar atau membuat artikel di situ, Anda akan bisa dikenal oleh blogger lain.

Sebagai catatan, guest blogging akan optimal jika Anda menuliskan artikel di website dengan niche yang sama. Menaruh link sembarangan bahkan spam bisa berakibat pinalti dari Google. Jadi, pastikan jika blog tersebut sesuai dengan niche Anda agar hasil guest blog Anda menjadi optimal ya.

Namun, bagaimana ciri website yang bagus untuk guest blog? Untuk guest blog, perhatikan ciri website seperti berikut ini:

  1. Usianya lebih dari 1 tahun.
  2. Memiliki topic yang relevan dengan website Anda.
  3. Punya trafik yang cukup tinggi.
  4. Pembacanya terlihat antusias.
  5. Konten berbobot.
  6. Tampilan website menarik.

Dengan 3 cara backlink yang baik tersebut, jika Anda lakukan dengan optimal, maka hasilnya juga akan maksimal. Semoga informasi ini membantu dan selamat mencoba!