Posted on: March 31, 2021 Posted by: ARLINAWATI Comments: 0
Apa itu Model Rumah Minimalis?

Model rumah minimalis semakin banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Apalagi lahan tanah di indonesia semakin berkurang.

Sayangnya, tidak semua orang paham dengan konsep minimalis. Alhasil, rumah terlihat kurang sesuai dengan konsep yang dibuat.

Namun, apa itu konsep minimalis? Untuk tahu lengkapnya konsep rumah minimalis, simak informasi berikut:

Pengertian Konsep Minimalis

Konsep minimalis merupakan konsep yang lebih mengutamakan kesederhanaan.

Penerapan di model rumah minimalis ini fokus pada 4 hal, yaitu:

  • Ruang.
  • Desain yang minimalis.
  • Objek.
  • Pencahayaan

Bagaimana dengan style-nya?

Untuk style, rumah dengan konsep atau model minimalis, memiliki style yang lebih tegas. Geometris bangunan terlihat jelas dan umumnya, memiliki bentuk yang lebih sederhana. Misalnya bentuk kotak atau persegi panjang.

(baca juga: tips sukses perbaikan rumah)

Karakteristik Model Rumah Minimalis

Apa itu Model Rumah Minimalis?
Apa itu Model Rumah Minimalis?

Untuk membedakan antara rumah minimalis dengan rumah mode lainnya, Anda perlu memperhatikan karakteristik berikut ini:

  1. Sederhana: rumah dengan model minimalis mengutamakan kesederhanaan. Kesederhanaan ini berkaitan dengan bentuk, fungsi hingga perabotan yang dipergunakan.
  2. Monochrome: rumah minimalis cenderung menggunakan warna netral atau monokrom seperti putih, krem dan abu-abu. Bahkan, rumah minimalis umumnya menghindari warna yang terlalu tegas dan cerah.
  3. Finished dan unfinished wall: rumah minimalis ada yang dilengkapi dengan finished atau unfinished wall. Hal ini disebabkan karena rumah minimalis memungkinkan Anda untuk lebih berekspresi, misalnya dengan tekstur pada unfinished wall.
  4. Terbuka dan memiliki pencahayaan yang baik: rumah yang minimalis akan lebih memiliki ruang yang terbuka agar ruangan terlihat lebih luas. Karena hal tersebut, rumah minimalis memiliki pencahayaan yang baik dan ruangan yang terbuka.

Selain karakteristik di atas, rumah yang minimalis cenderung selektif dalam penggunaan materialnya. Material inilah yang memiliki peranan penting dalam kesan rumah yang ditampilkan.

Misalnya penggunaan material kayu bisa menimbulkan kesan minimalis tradisional. Penggunaan material seperti beton dan unfinished wall menimbulkan kesan minimalis industrialis.

Tips Membangun Model Rumah Minimalis

Semua orang bisa membangun atau membuat konsep rumah yang minimalis. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Investasikan pada Kualitas

Kualitas dalam hal ini berkaitan dengan material yang Anda gunakan. Bisa material untuk membangun rumah, bisa material untuk perabotan.

Dengan material yang berkualitas, maka rumah Anda lebih kokoh dan Anda tidak perlu membeli atau menambah perabotan lainnya. Kecuali Anda membutuhkan perabotan tambahan atau mengganti perabotan yang rusak.

  • Pilih Material yang Multifungsi

Untuk rumah minimalis, Anda perlu memilih material yang multifungsi misalnya sofa bed. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan atau menambah perabotan lain yang akan memenuhi ruangan rumah Anda.

  • Tetapkan Pencahayaan yang Tepat

Sebisa mungkin, pertimbangkan tentang pencahayaan yang alami. Dengan begitu, ruangan rumah minimalis terlihat lebih luas.

Itulah pengertian tentang model rumah minimalis beserta tips dan karakternya yang perlu Anda tahu. Dengan informasi ini, semoga bisa membantu Anda menentukan dan membuat rumah minimalis sesuai keinginan Anda.