Posted on: November 17, 2020 Posted by: ARLINAWATI Comments: 0
Desain logo yang bagus

Desain logo yang baik hanya bisa dibuat dengan menempatkan diri kita di posisi audiens. Bayangkan jika Anda menjadi orang lain, kemudian lihatlah desain logo Anda, apakah sudah menarik dan efektif? Dari kacamata ini, Anda akan menyadari betapa sulitnya membuat sebuah desain logo.

Ada kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi demi mendapatkan logo yang berkualitas. Tidak cukup hanya dengan mengandalkan keahlian di bidang desain, Anda juga perlu memahami banyak hal yang berkaitan dengan pemasaran. Apa lagi logo adalah identitas branding utama. Perlu adanya kontribusi banyak pihak dari berbagai bidang agar bisa memenuhi kriteria-kriteria berikut :

 

Cara Membuat Desain Logo yang Baik

  • Terlihat Sederhana

Desain logo yang baik harus terlihat sederhana. Logo harus jelas, lugas, dan bermakna. Jangan memasukkan terlalu banyak unsur desain dalam sebuah logo karena hal ini justru mengurangi daya tarik. Audiens harus bisa memahami dan mengingat logo Anda dalam beberapa detik.

Lihat saja logo-logo yang sukses dari berbagai perusahaan. Asus misalnya, menggunakan logo bernuansa modern dengan teknik tipografi. Sangat sederhana, tapi sangat efektif. Anda bisa dengan mudah membaca dan mengingat logo Asus, sekalipun ukurannya diperbesar atau diperkecil.

 

  • Mampu Menarik Perhatian

Walaupun sederhana, desain logo yang baik harus mampu menarik perhatian. Buatlah logo yang unik dan impresif agar bisa menimbulkan kesan pertama di benak audiens. Kesan yang dibentuk harus sesuai dengan tujuan pemasaran Anda. Hasil akhirnya adalah peningkatan brand awareness dan penjualan produk. Dan semuanya dimulai dari daya tarik sebuah logo.

Bayangkan jika logo Anda dipajang di ruang publik, bersandingan dengan puluhan media dan logo-logo lain. Seberapa menarik logo Anda terlihat di media tersebut? Apakah logo Anda cukup unik dan mencolok untuk menjadi yang pertama kali diperhatikan? Inilah salah satu faktor yang harus diusahakan dalam membuat desain logo.

 

  • Mudah Dipahami dan Diingat

Desain logo yang baik harus mudah untuk dipahami. Jangan membuat audiens berpikir terlalu keras atau bertanya-tanya tentang makna logo Anda. Tanamkan makna yang utuh dengan cara yang menarik dan kreatif. Tidak ada yang mau meluangkan waktu dan pikiran hanya demi merenungi sebuah logo.

Desain logo Anda juga harus mudah diingat. Ciptakan logo yang unik agar lebih melekat di benak masyarakat. Jangan serta-merta mengikuti tren desain agar logo Anda tidak tampak serupa dengan logo-logo lain. Semakin unik logo Anda, semakin mudah pula masyarakat mengingatnya.

 

Siap Membuat Desain Logo yang Baik?

Proses di balik pembuatan sebuah desain logo memang cukup panjang. Dimulai dari riset dan diskusi tentang makna dan gaya logo yang ingin dibuat. Dilanjutkan dengan mencari referensi dan inspirasi dari berbagai sumber. Kemudian mengembangkan konsep dasar menjadi logo yang utuh dengan aplikasi yang tepat. Apakah Anda sudah siap untuk membuat desain logo yang baik?