Posted on: November 11, 2020 Posted by: ARLINAWATI Comments: 0
Apa yang Dimaksud Backlink Dofollow dan Nofollow?

Ketika berbicara mengenai backlink, Anda akan menemui istilah dofollow dan nofollow. Jika Anda ingin fokus untuk menyebar backlink, maka Anda harus tahu dengan apa yang dimaksud backlink dofollow dan nofollow.

Kenapa? karena dofollow dan nofollow memiliki peran yang berbeda. Untuk tahu lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini.

Backlink Dofollow

Apa yang Dimaksud Backlink Dofollow dan Nofollow?
Apa yang Dimaksud Backlink Dofollow dan Nofollow?

Backlink dofollow adalah backlink yang bisa diklik. Nantinya, ketika diklik, backlink tersebut akan membawa Anda ke situs yang disematkan.

Jenis link dofollow ini akan meminta mesin pencari untuk mengikuti link ke situs yang disematkan. Artinya, fungsi dari link dofollow ini agar website Anda terindeks oleh google. Misalnya Anda menyematkan link untuk memilih keyword di tulisan trik memilih keyword artikel.

Lalu, apa dampaknya? Link dofollow memungkinkan mesin pencari mengindeks atau melakukan crawling ke website tujuan. Jadi, semakin banyak dan berkualitas link dofollow ini, maka mesin pencari akan semakin mengindeks post atau website tujuan tersebut.

Sayangnya, link dofollow juga bisa membuat kualitas website Anda menurun. Hal ini terjadi jika Anda menggunakan backlink yang kurang baik dan melakukan spam.

Lalu, bagaimana untuk mendapatkan backlink dofollow? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya;

  1. Melakukan guest posting dan pastikan Anda melakukannya di website yang relevan dengan website Anda.
  2. Menuliskan di forum. Namun, pastikan jika forum tersebut mengizinkan Anda untuk menuliskan backlink dofollow. Ini karena ada beberapa forum seperti kaskus, yang tidak memperkenankan untuk memasukkan link blog.
  3. Repurpose tulisan artinya Anda harus merubah bentuk tulisan ke bentuk lainnya. Anda bisa menggunakan power point, slides, video atau yang lainnya.

Backlink Nofollow

Backlink nofollow adalah kebalikan dari backlink dofollow. Apa yang dimaksud backlink nofollow adalah backlink yang tidak bisa diklik.

Dengan kata lain, backlink ini meminta agar mesin pencari untuk tidak mengikuti website di link tersebut. Dengan begitu, mesin pencari tidak akan menganggap link tersebut dalam index pencarian.

Walaupun begitu, backlink nofollow disukai oleh mesin pencari karena bisa membuat trafik blog menjadi lebih stabil. Selain itu, komentar spam juga bisa diminimalisir sehingga website menjadi lebih stabil. Sayangnya, blog Anda akan sepi pengunjung dan tidak terlalu terkenal.

Jadi, Manakah yang Berpengaruh Baik untuk Optimasi SEO?

Baik backlink dofollow ataupun backlink nofollow, keduanya memiliki pengaruhnya tersendiri. Misalnya Anda meletakkan backlink di website dengan kualitas yang tidak terlalu baik, maka backlink nofollow akan lebih pas. Sedangkan di website berkualitas, backlink dofollow bisa jadi pilihan tepat.

Maka dari itu, pahami yang dimaksud backlink dofollow dan nofollow beserta dampaknya pada website. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengoptimalkan SEO website yang sedang Anda terapkan.