Posted on: November 11, 2020 Posted by: ARLINAWATI Comments: 0

Brand yang kuat, tim profesional, produk berkualitas, dan logo yang menarik adalah empat kunci untuk membangun bisnis yang sukses. Dari keempat faktor tersebut, kita akan membahas salah satu faktor secara spesifik: logo. Pasti kata ‘logo’ sudah tidak asing lagi bagi Anda. Apa lagi saat ini hampir semua perusahaan sudah memiliki logo.

Tunggu dulu. Dalam berbisnis, memiliki logo saja tidaklah cukup. Logo harus mampu mengambil perhatian masyarakat, memberikan kesan, serta menyampaikan pesan dan makna. Bila diringkas, logo yang baik adalah logo yang indah dan menarik. Lantas, bagaimana cara membuat logo yang seperti itu?

 

Tips Membuat Logo yang Menarik

  • Mudah Dimengerti

Logo yang menarik adalah logo yang sederhana. Kita hidup di era serba cepat dan dinamis. Masyarakat tidak akan mau bersusah payah meluangkan waktunya untuk merenungkan dan berusaha keras memahami makna logo Anda. Jadi, kalau logo Anda terlihat terlalu rumit, berarti logo Anda tidak menarik.

Sebaliknya, jika logo Anda terlihat simple, to the point, dan mudah dimengerti, masyarakat pun lebih mudah tertarik untuk melihat dan mengingat logo Anda. Inilah yang dinamakan brand awareness: kesadaran atau ingatan masyarakat terhadap brand dan produk Anda. Jadi, periksa lagi logo perusahaan Anda, apakah sudah memenuhi kriteria simplicity?

 

  • Beda dari yang Lain

Kalau logo Anda terlihat umum dan biasa saja, masyarakat tidak akan tertarik. Jadi, poin kedua dalam membuat logo yang menarik adalah keunikan dan ciri khas. Dengan kata lain, logo Anda harus beda dari yang lain, harus menjadi pembeda antara bisnis Anda dengan para kompetitor.

Buatlah masyarakat terkesan dan dengan mudah mengingat logo Anda. Secara otomatis, nama brand dan produk Anda juga akan melekat di benak mereka. Ini akan memudahkan Anda dalam pemasaran karena masyarakat sudah lebih mengenal produk Anda dibandingkan produk-produk kompetitor. Contoh paling sederhana bisa Anda lihat pada desain logo makanan seperti Mc’Donalds dan KFC. Kesimpulannya: Jadilah beda!

 

  • Warna yang Kontras

Perpaduan warna juga sangat penting dalam membuat logo yang menarik. Logo yang baik adalah logo yang menggunakan perpaduan warna secara kontras atau bertolak belakang. Jadi, gunakan warna yang berlainan, tidak serumpun, dan memiliki jarak spektrum cukup jauh. Tujuannya adalah meningkatkan kejelasan dan daya tarik logo Anda di mata masyarakat.

Tidak harus dengan warna-warna primer yang kuat seperti merah, kuning, atau biru. Anda bisa menggunakan warna-warna tersier sekunder atau tersier, yang penting Anda memadukannya dengan tepat sehingga tidak saling bertubrukan satu sama lain. Bahkan, warna monochrome (hitam dan putih) saja bisa sangat estetik kalau Anda berhasil mengolahnya dengan baik.

 

Tak ada Brand yang Populer Tanpa Logo yang Menarik

Kalimat di atas bukan sekadar kiasan. Coba Anda perhatikan bisnis-bisnis besar yang sudah populer di pasar internasional. Kemudian, perhatikan logo perusahaan mereka. Anda akan menemukan korelasi yang sangat erat antara popularitas dan reputasi suatu brand dengan daya tarik logo yang mereka gunakan. Jadi, kalau Anda ingin mengembangkan dan melejitkan bisnis Anda, langkah yang harus Anda ambil sekarang adalah buat logo yang menarik, kemudian pasarkan logo tersebut bersama brand dan produk Anda.