Posted on: May 15, 2020 Posted by: ARLINAWATI Comments: 0
Kesulitan Menulis Artikel? Begini Cara Mudahnya

Kantan – Pada saat ini banyak orang kesulitan menulis artikel. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari tidak biasa menulis, tidak suka membaca atau bahkan tidak menguasai tema yang akan ditulis.

Sebetulnya masih banyak faktor lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Bisa jadi rasa malas menjadi masalah utama sehingga selalu sulit mencari ide dan gagasan kreatif saat melakukan penulisan.

Jika Anda sudah terbiasa pasti akan lebih mudah, maka solusi nya cobalah dengan membiasakan diri mencatat segala sesuatu kejadian. Biasanya seorang wanita lebih mudah menulis karena sudah terbiasa mencatat.

Jika Kesulitan Menulis Artikel Lakukan Hal Ini

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menulis artikel itu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Cara ini sudah terbukti oleh beberapa orang bisa mengatasi masalah tersebut.

  1. Memahami Berbagai Jenis Artikel

Langkah paling dasar Anda harus memahami dan mengerti berbagai jenis artikel. Karena setiap jenis artikel memiliki teknik penulisan berbeda. Walaupun sesama menulis harus menggunakan teknik yang berbeda.

Pada saat ini terdapat banyak jenis tulisan mulai dari Artikel Review, Opini, Persuasif, Informasi, Tutorial dan artikel lainnya. Sebelum menulis lebih disarankan untuk menentukan terlebih dahulu jenis tulisan.

Setelah menentukan jenis artikel yang akan ditulis itu bisa membuat Anda terbayang hal selanjutnya akan ditulis dan format akan menyesuaikan dengan jenis tulisan. Hal ini bisa mengurangi kesulitan menulis artikel.

  1. Memilih Tema yang Mudah

Pemilihan tema menjadi salah satu faktor krusial. Mengingat penting nya tema dalam sebuah tulisan, tema yang baik adalah tema yang dikuasai oleh penulis. Hal ini bisa menjadi rumus utama ketika Anda akan menulis.

Sebuah tema yang tidak dikuasai bisa menjadi boomerang bagi penulis, karena itu akan menyulitkan diri sendiri. Tetapi jika penulis artikel profesional tidak akan terlalu memikirkan hal itu karena sudah biasa riset tema terlebih dahulu sebelum menulis.

Meniru cara content writer profesional bukanlah ide buruk. Anda disarankan untuk riset terlebih dahulu. Mulai dari membaca referensi seputar tema, menentukan jenis tulisan, mencari ide Judul dan Sub judul.

  1. Perhatikan 5W 1H

Tulisan berkualitas dapat dilihat dari 5W 1H. Pada saat ini seseorang selalu mencari informasi di internet. Oleh karena itu informasi terbaik yakni informasi yang dapat menjawab berbagai macam pertanyaan pembaca.

Sebenarnya hal dasar 5W 1H sudah tidak asing karena itu sudah dipelajari saat di sekolah. Ini bisa menjadi kaidah dasar untuk menjawab berbagai macam pertanyaan pembaca. Isi artikel juga tidak harus selalu informatif.

Selain itu ketika menulis selalu mengutamakan isi dari tulisan. Tidak perlu banyak bertele-tele sehingga menyebabkan pembaca bosan. Tulisan berkualitas bisa dilihat juga dari susunan kata-kata yang menarik.

Tata cara tersebut adalah pelajaran dasar dalam menulis. Sebetulnya secara sadar atau tidak kita sudah sering menggunakan aturan tersebut. Namun kesadaran aturan ini perlu dilatih agar lebih peka dan tidak mengalami kesulitan menulis artikel.