Posted on: July 2, 2021 Posted by: Dewi agustina Comments: 0

Chain block termasuk salah satu alat lifting manual dan sederhana yang memanfaatkan roda, gear, pulley, rantai, serta pengait dalam penggunaannya. Alat ini sering disebut juga sebagai rantai blok dengan ukuran yang relatif kecil serta cocok diaplikasikan dalam berbagai proses lifting

Adapun beban pengangkatan penggunaan chain ini bervariasi mulai dari kapasitas 0,5 ton hingga 50 ton. Biasanya dimanfaatkan untuk proses pengangkatan rendah sekaligus bisa dipakai menggunakan fixed hoist crane, hand overhead crane dan lainnya.

Komponen Chain Block

Rantai blok biasanya terbuat dari material baja yang tahan lama serta berkualitas tinggi, demi memastikan keandalan dan keamanan untuk mengangkat beban hingga berton-ton. Komponen chain bisa dipisahkan ke dalam 3 kategori yang berbeda yaitu hand chain dan lifting chain, kait dan lifting mechanism. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. Chain Block Dengan 2 Loop Rantai, Lifting Chain dan Hand Chain

Hand chain biasanya terletak di bagian roda pada lifting mechanism yang perlu ditarik menggunakan tangan saat mengangkat beban. Umumnya roda pada lifting mechanism mempunyai kantong khusus untuk memudahkan hand chain dalam menggerakkan roda. 

Selain itu, lifting chain akan memutar lifting mechanisms untuk mengangkat maupun menurunkan benda. Pada ujung rantai terdapat akit sebagai tempat untuk memasang sling atau lifting chain.

  1. Lifting Mechanism

Komponen ini terdiri atas gandar, roda gigi, sprocket, dan poros penggerak. Terdapat rem rantai pada keseluruhan chain untuk mencegah agar beban tidak turun ketika beban overlimit.

  1. Kait Pada Bagian Atas Chain

Kait biasanya dipakai untuk menempelkan rantai blok ke sistem troli, langit-langit, maupun konstruksi lainnya untuk menahan berat benda yang nantinya diangkat menggunakan rantai blok itu sendiri. Sebagian besar rantai blok mempunyai kait berputar dimana kait tersebut bisa diputar hingga 360 derajat supaya lebih gampang dipasang.

Cara Merawat Chain Block Supaya Tetap Awet

Sumber : Megajaya.co.id

Agar penggunaan chain tetap awet ada beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan :

  1. Pegang dan simpan alat ini dengan benar supaya tidak terjadi korosi pada mesin yang terdapat pada chain atau pada rantainya itu sendiri.
  2. Selalu memastikan kapasitas atau load chains sudah diberikan pelumas. Selain itu, cek kinerjanya supaya tidak mengakibatkan kecelakaan kerja.
  3.   Cek peralatan pendukung atau aksesoris yang terpasang  pada alat ini. Sebaiknya lepaskan aksesoris lebih dahulu sebelum Anda menyimpan alat ke tempatnya. Selain itu, peralatan pendukung yang berkarat sebaiknya tidak digabungkan pada tempat penyimpanan.
  4.   Anda harus memastikan agar troli sesuai lebar balok besi atau beam.
  5. Pastikan suspense pada bagian atas telah dilengkapi oleh mouse hook sekaligus sudah terpasang dengan baik.
  6.   Sebaiknya pastikan rantai tak terlepas atau keluar saat hook di posisi terendah.
  7.   Ikuti petunjuk pemakaiannya ketika Anda memakai chain.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam perawatan alat angkat rantai blok. Dengan demikian penggunaannya tidak membahayakan dan merusak alat-alat lainnya.

Membeli Chain Block di Megajaya

Kebutuhan alat lifting memang tak bisa dihindari dalam industri manufaktur dan alat-alat berat. Karena itu, jika Anda membutuhkan distributor yang menjual chain block terpercaya, Anda bisa mempercayakan Megajaya.co.id sebagai mitra untuk menyediakan alat-alat lifting terbaik. Cek dan lihat produk chain block di sini!