Posted on: June 24, 2021 Posted by: Dewi agustina Comments: 0

Menjadi pebisnis sukses dengan keuntungan selangit mungkin menjadi salah satu impian Anda. Tapi tahukah Anda bahwa hanya beberapa orang yang benar-benar mau berjuang menghadapi rintangan, jatuh bangun lah yang akhirnya mencapai kesuksesan.

Jangankan melewati rintangan, kadang belum memulai usaha pun banyak orang yang takut menjajalnya karena berbagai alasan, seperti khawatir akan rugi, minim modal, dan alasan kompleks lainnya. Padahal pebisnis sukses adalah mereka yang memiliki mental sekuat baja, mau belajar, penuh tekad dan terus bekerja keras. Berikut 5 poin penting untuk memulai bisnis yang patut Anda simak, sehingga bisnis dapat berjalan maksimal:

1. Ide Bisnis

Ide bisnis merupakan sekumpulan pemikiran yang berhubungan dengan bisnis dan masih dalam benak Anda. Ide untuk bisnis itu bisa datang dari mana saja. Ada yang muncul secara spontan, entah dalam kondisi dan situasi seperti apa, ada juga yang muncul setelah Anda mencari tahu atau membaca sumber dari media. Sebuah ide bisnis yang baik itu sudah biasa, jika Anda memiliki ide yang unik itu baru luar biasa.

Buat list khusus untuk ide yang muncul, tuangkan ke dalam bentuk tulisan atau gambar sehingga Anda tidak melupakannya. Setelah ide dirasa cukup terkumpul, mulailah menyaring semua ide untuk dipilih menjadi beberapa saja. Dari beberapa yang terpilih, eliminasi dan akhirnya akan ada satu ide unik yang dapat Anda eksekusi.

2. Produk

Jika Anda sudah memiliki ide bisnis, sudah pasti Anda harus tahu dan menentukan produk seperti apa yang akan dipasarkan serta dijual ke masyarakat. Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.

Dapat disimpulkan bahwa hampir semua yang termasuk produksi adalah benda nyata yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan.

3. Persona Pembeli

Selanjutnya adalah persona pembeli yang merupakan sebuah representasi gambaran dari customer ideal Anda berdasarkan riset pasar dan data real tentang customer yang ada. Persona pembeli bisa diidentifikasikan dari berbagai hal, seperti:

a. Lokasi

b. Jenis kelamin

c. Usia

d. Minat

e. Kategori

f. Koneksi

g. Bahasa

h. Pendidikan, dan banyak lagi.

Persona pembeli yang solid sebenarnya hanya mengoleksi hal-hal paling umum yang dapat Anda temui di customer Anda saat ini:

a. Kebutuhan mereka yang paling umum dan pain point yang berkaitan dengan solusi Anda,

b. Karakteristik demografi,

c. Psikografis dan,

d. Ciri-ciri perilaku pembeli.

4. Strategi

Apa jadinya sebuah bisnis tanpa ada strategi? Pastinya bisnis Anda menjadi berantakan. Tujuan dari strategi selain untuk mengarahkan bisnis agar tetap pada track, minimal Anda sudah menyiapkan plan for the worst, hope for the best, bersiap menghadapi kondisi terburuk dan berharap yang terbaik.

5. Modal

Modal adalah suatu hal yang sangat penting dalam suatu perusahaan atau bisnis. Tanpa adanya modal, maka bisnis tidak bisa bergerak seperti seharusnya. Modal diperlukan dalam berbagai skala bisnis, mulai dari bisnis berskala besar ataupun berskala kecil.

Jadi, modal dapat diartikan sebagai suatu aset utama perusahaan dalam menjalankan bisnis yang umumnya berbentuk dana, aset, atau utang. Dengan begitu, maka proses produksi hingga pemasaran perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Ketika Anda sudah mengetahui serta memahami 5 poin penting dalam memulai bisnis, artinya Anda sudah siap untuk menjalankannya. Namun jika Anda masih memerlukan “asupan” lagi untuk menunjang bisnis Anda, Anda bisa temukan berbagai workshop atau seminar bisnis disini!