Posted on: December 1, 2020 Posted by: ARLINAWATI Comments: 0
Cara Desain Web Dengan Joomla

Pada saat ini dalam pembuatan desain website yang menarik dapat dilakukan dengan mudah, meskipun pengguna masih pemula dalam membuatnya. Salah satu cara dalam desain website, anda dapat memakai Joomla sehingga tampilan dari situs web anda lebih terlihat menarik dan dapat membuat pengunjung merasa beta di dalam website anda.

Bagaimana sih cara desain web dengan Joomla? Sebelum anda masuk pada tahap pembuatan desain web dengan Joomla, maka sebaiknya anda mencari tahu tentang apa itu Joomla dan juga kriteria desain. Dengan begitu, anda tidak akan kebingungan dalam membuat desain website.

Lantas bagaimana cara membuat desain website dengan menggunakan Joomla? Tenang, anda tak perlu khawatir dengan hal ini. Pasalnya, pada saat ini kami akan membahas tentang cara-caranya sehingga desain website yang ingin dibangun oleh anda bisa terlihat lebih menarik. Untuk cara-caranya yang seperti apa, maka anda dapat simak ulasan yang berikut ini.

  1. Langkah awal dalam cara desain web dengan Joomla, dimana anda harus mengunduh file di website resmi Joonla. Pada saat proses pengunduhan selesai, maka anda dapat mengekstrak file pada folder htdocs yang telah tersedia pada aplikasi Xampp.
  2. Langkah yang berikutnya anda harus mengaktifkan modul Xampp. Dimana anda dapat membuka aplikasinya, lalu aktifkan modul berupa Apache dan MySQL apabila anda ingin membuat desain website dengan cara yang online.
  3. Apabila Apache maupun MySQL telah aktif, selanjutnya anda dapat mengetik localhost/namafolderjoomla di bar alamat browser yang dipakai oleh anda.
  4. Cara yang selanjutnya anda dapat mengarahkan halaman yang memerlukan pengisian. Simbol (*) merupakan petunjuk kalau kolom tersebut diharuskan untuk diisi atau kolom sangat penting untuk membuat desain website dengan Joomla.
  5. Bagi anda yang sudah melakukan beberapa cara atau langkah yang ada diatas, maka selanjutnya anda dapat mengatur konfigurasi database yang ada. Perlu anda ketahui kalau anda akan memperhatikan tentang Tipe database, Host name, Username, Password, Nama Database, Joomla.
  6. Setelah itu, anda dapat memasang sampel data. Perlu diketahui kalau Joomla mempunyai sampel data yang dapat dipilih oleh anda sesuai dengan kebutuhan anda.
  7. Nah, bagi anda yang sudah melewati proses instalasi, maka selanjutnya anda dapat mengikuti beberapa step yang berikutnya. Hapus directory, dan anda akan menerima dua pilihan tombol yang berupa tombol situs serta administrasi, dimana ini akan mengantarkan anda pada halaman yang terlihat beda.
  8. Sesudah finalisasi instalasi sudah selesai. Secara otomatis anda akan dibawa pada tampilan dari halaman website yang berhasil dimasukkan oleh anda. Cara desain web dengan Joomla, dimana anda dapat menuju panel administrator dengan menulis localhost/webdev/administrator pada bar browser yang digunakan oleh anda.
  9. Dengan anda mengikuti beberapa cara yang sudah ada diatas, maka anda bisa melihat hasilnya. Selamat mencoba!.