Posted on: June 23, 2021 Posted by: Dewi agustina Comments: 0

Pemeriksaan berbasis ultrasonografi menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh ibu hamil, berapapun usia kandungannya. Lalu kapan sebaiknya ibu hamil melakukan USG 4D?

Begitu penting peran USG dalam kehamilan, karena dari sini tiap kemungkinan kelainan yang terjadi pada bayi dalam kandungan bisa diamati. Dengan USG, ibu hamil dapat mengetahui bagaimana raut muka bayi, sementara dokter bisa memanfaatkannya untuk keperluan medis.

Ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG 4D selama masa kehamilan. Kapan dan berapa kali harus USG akan bergantung pada diagnosa dokter terhadap kondisi kandungan. Tapi sebelum USG, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Persiapan Sebelum USG 4D

Sebagai bagian dari persiapan awal USG, ibu hamil disarankan untuk memilih tempat pemeriksaan kehamilan yang tepat. Klinik bisa menjadi alternatif dibanding rumah sakit karena fleksibilitasnya. Durasi pemeriksaan juga bisa disesuaikan sehingga ibu hamil akan lebih puas mengamati raut muka bayi.

Tak hanya tempat, ibu hamil juga harus paham siapa yang akan melakukan pemeriksaan. Beberapa klinik kebanyakan ditangani dokter kandungan langsung, tapi ada juga klinik yang menyediakan bidan. Tingkat pendidikannya berbeda, dan sangat mungkin hasil skrining USG yang disampaikan juga beda.

Persiapan berikutnya lebih bersifat pribadi, baiknya minum air dalam jumlah banyak sebelum USG. Langkah sederhana ini bisa menjadi faktor penentu kualitas gambar yang didapat. Konsumsi air bisa meningkatkan kualitas dan kecerahan gambar karena air ketuban jadi lebih jernih.

Untuk melihat pergerakan aktif dari bayi, mengonsumsi jus seperti jeruk dan apel juga sangat disarankan. Gula alami yang ada dalam jus akan membuat periode aktif bayi jadi lebih lama. Cobalah minum jus 30 menit sebelum pemeriksaan USG dimulai.

Persiapan terakhir, coba gunakan pakaian yang agak longgar. Gunakan celana di bawah pinggang dan pastikan nyaman saat dipakai sebab pemeriksaan USG bisa berjalan antara 10-20 menit.

Kapan Harus USD 4D?

Tidak ada aturan pasti kapan USG sebaiknya dilakukan karena akan bergantung pada berbagai faktor. Idealnya, USG sebaiknya dilakukan tiga kali selama masa kehamilan. Sekali lagi, jumlah ini bisa berubah tergantung kondisi ibu dan bayi sesuai dengan hasil skrining yang dilakukan dokter.

Yang jelas, USG bisa dimulai setelah minggu 16 karena jenis kelamin sudah mulai terbaca. Mulai usia kehamilan 24-26 minggu, fitur wajah mulai terlihat jelas dan ini merupakan waktu yang bagus untuk mengambil gambar janin. 

Tapi waktu terbaik USG yaitu antara usia 27-32 minggu. Hal ini karena bayi mulai mengembangkan lemak tubuh tapi masih punya cukup ruang gerak. Antara minggu ke 33-37 juga merupakan waktu yang ideal, asal bayi mau bekerja sama. Sebab pada rentang usia tersebut, bayi semakin besar dan mulai menuju jalan lahir sehingga sulit mencari gambar wajah yang tepat.

Jadi memang benar bahwa tak ada aturan tertulis kapan USG sebaiknya dilakukan karena bergantung pada banyak faktor. Kondisi ibu hamil selalu berbeda, jadi akan lebih baik jika mengikuti saran dokter.